Wow, 700.000 Lebih Gamer Meramaikan Elden Ring di Steam Saat Hari Pertama Dirilis

Diawali peluncuran game terbaru dari FromSoftware dan Bandai Namco Entertainment, Elden Ring mendapatkan respon positif dari gamer. Valve salah satu platform yang ikut andil dalam peluncuran Elden Ring pada salah satu toko digitalnya yaitu Steam.

Sebelumnya Elden Ring sudah diprediksikan menjadi kontestan kuat yang akan mendapatkan Game of The Year 2022. Pasalnya, game ini selama dua tahun terakhir sudah mendapat penghargaan menjadi game yang paling dinantikan di event The Game Rewards.

Sebanyak 734.000 gamer tercatat telah bermain di waktu yang sama saat hari pertama dirilisnya game open world yang mempunyai genre adventure RPG ini pada Steam. Rekor dengan jumlah pemain Steam ini telah dipecahkan oleh Elden Ring yang dipegang oleh dua game sebelumnya yaitu Dark Souls 3 dan Sekiro yang dikutip dari Gamesradar.

Dari data yang telah didapatkan pada database SteamDB, Dark Soul 3 sebanyak 130.000 pemain pada tiga tahun yang lalu. Selanjutnya, 125.000 pemain didapatkan Sekiro saat dirilis secara perdana.

Spesifikasi Minimum Hingga Rekomendasi Untuk Bermain Elden Ring Pada PC

FromSoftware dan Bandai Namco Entertainment telah memberikan informasi yang berhubungan dengan spesifikasi PC agar dapat memainkan game yang dibuat oleh Hidetaka Miyazaki dan George R.R. Martin. Berikut ini spesifikasi minimum dan rekomendasi yang dibutuhkan agar bisa bermain Elden Ring:

Spesifikasi Minimum Elden Ring Pada PC

Operating system windows 10 Intel Core i5-8400 / AMD Ryzen 3 3300X dengan diperkuat Nvidia GeForce GTX 1060 3GB atau AMD Radeon RX 580 4GB dan RAM 12GB. Kapasitas penyimpanan yang dibutuhkan sebanyak 60GB dengan menggunakan DirectX12.

Spesifikasi Rekomendasi Elden Ring Pada PC

Operating system windows 10 atau 11 Intel Core i7-8700K / AMD Ryzen 5 3600X dengan diperkuat Nvidia GeForce GTX 1070 3GB atau AMD Radeon RX Vega 56 dan RAM 16GB. Kapasitas penyimpanan yang dibutuhkan sebanyak 60GB SSD dengan menggunakan DirectX12.

Di Jepang, Karyawan Studio Game Diberikan Libur Untuk Bermain Elden Ring

Sebuah studio sekaligus developer game indie asal Jepang yang bernama Pocket Pair telah memberikan libur untuk karyawannya dengan alasan yang tak biasa. Perusahaan tersebut meliburkan karyawannya agar karyawannya mendapatkan kebebasan lebih untuk mereka yang sudah menantikan game Elden Ring yang baru saja dirilis pada 25 Ferbruari 2022 ini tanpa harus mengkhawatirkan pekerjaannya.

Mengutip dari informasi dari perusahaannya bahwa pada waktu peluncuran game tersebut mereka menyebutnya ‘Elden Holiday’ atau hari libur dimana seluruh karyawannya bermain Elden Ring.

Dari akun media sosialnya, Pocket Pair mengumumkan untuk memberikan libur pada hari Jumat dan Senin pada semua stafnya. Hal ini memungkinkan semua karyawan yang bekerja di Pocket Pair bisa mengisi hari liburnya dengan bermain Elden Ring walaupun hari liburnya bukan secara resmi, para karyawan tidak diharuskan masuk di hari Senin.

Dikutip dari Playstation Lifestyle cuti pada hari Senin besok akan diberikan kepada setiap karyawan Pocket Pair yang bisa menyelesaikan Eleden Ring hingga akhir permainan dan menjadi Elden Lord.

Takruo Mizobe, CEO Pocket Pair memprediksikan bila banyak karyawan yang bisa tidak fokus saat berkerja nantinya pada siang hari saat peluncuran game Elden Ring maka dari itu ia mengambil keputusan agar karyawan bisa mengambil cuti berbayar bila dibutuhkan.

Mengisi Waktu Libur Dengan Bermain Game

Saat sebuah game yang banyak ditunggu oleh para gamer dirilis, banyak dari karyawan yang meminta izin agar tidak masuk kerja dengan alasan sakit dan salah satu game yang pada waktu itu sedang dirilis yaitu Skyrim, dikutip dari Gamerant.

Hal yang sama pernah dilakukan Mark-on yaitu sebuah studio game VR yang pernah meliburkan karyawannya agar mereka bisa bermain Monster Hunter Rise saat game tersebut baru saja dirilis walaupun hal ini tidak berlaku pada karyawan yang telah memiliki level eksekutif pada perusahaan tersebut.

Sementara Pocket Pair yang ikut meliburkan karyawannya saat Elden Ring baru dirilis sebenarnya merupakan perusahaan developer game yang telah mempunyai game Craftopia dan Palworld. Craftopia sendiri merupakan game open world dengan genre survival crafting game yang sudah terkenal dikalangan gamer.