Bandai Namco Kombinasikan Game, Anime, Gunpla Serta Musik Dalam Gundam Metaverse

Setelah Epic Games, Lego dan Sony yang sudah terlebih dahulu terjun dalampengembangan dunia metaverse, kini Bandai Namco akhirnya tertarik ikut terjun dalam dunia metaverse.

Gundam Metaverse Project mulai diumumkan oleh Bandai Namco beserta rencana mereka untuk memberikan fasilitas jual-beli konten dengan tema Gundam antar user-generated dalam ide jangka panjangnya.

Nantinya, franchise gundam akan dipegang oleh Metaverse yang mempunyai peranan penting untuk masa dengan fandom yang begitu besar yang dimilkinya. Bandai Namco sendiri berkeinginan untuk mengkombinasikan berbagai macam kategori dalam dunia hiburan ke dalam ide jangka panjang yang diberi nama “Gundam Metaverse Project”.

Membentuk Komunitas Virtual

Pada Maret lalu, ide ini telah diberitahukan dengan langkah awal membentuk komunitas virtual yang menaungi semua kategori seperti video game, anime, Gunpla, dan music yang akan saling terhubung antara satu dengan yang lain dengan menggunakan Bandai Namco ID.

Ruangan virtual akan terbentuk yang terinsiprasi dari para koloni Gundam yang terdapat di luar angkasa. Tiap koloni akan terhubung oelh hub Gundam Metaverse dan para koloni virtual pada Bandai Namco dinamakan SIDE-G.

Belum ada keterangan lebih lanjut tentang bagaimana nantinya para user dapat mengakses koloni virtual yang ada, akan tetapi Bandai Namco sendiri akan berusaha untuk dapat menyatukan dunia nyata dan digital tidak sebatas hanya layanan digital saja.

“Gunpla Colony” merupakan SIDE-G pertama yang bakal diperkenalkan terlebih dahulu. Bandai Namco menjelaskan tentang tempat dimana orang dari seluruh penjuru dunia bisa mengakses dan bisa nikmati berbagai macam hal virtual yang terkait dengan Gunpla.

Pada tahun lalu sebenarnya proyek ini telah di uji coba dan Bandai Namco ingin mulai membuka akses yang terbatas pada tahun 2022.

Fitur Yang Bisa Diakses

Gunpla Battle akan hadir jadi salah satu hal yang dapat dilakukan pada Gunpa Colony yang bisa dilakukan para pengguna untuk bisa bertanding dengan menggunakan Gunpla yang dimiliki para pengguna. Selain itu ada Gunpla Contest yang menyajikan kompetisi serta ajang belajar online bagi pengguna yang membutuhkannya

Esport Colony

Proyek yang akan digarap setelah Gunpla Colony yaitu Esport Colony yang sedang dikembangkan pada tahun ini dan rencananya akan diluncurkan pada tahun 2023. Nantinya, Esport Colony akan menjadi komunitas virtual bagi game multiplayer Gundam seperti Mobile Suit Gundam: Battle Operation 2 ataupun game GPS layaknya Gundam Evolution.

Hal menarik lainnya, Bandai Namco yang berencana untuk memberikan fasilitas transaksi jual-beli dengan tema Gundam antar pengguna (user-generated). Bila dilihat dari tren yang ada, UGC dengan wujud NFT bisa jadi hal yang wajar.

Metaverse itu sendiri hingga sekarang masih belum terlalu jelas mekanisme yang dipaparkan, akan tetapi Bandai Namco memiliki niatan yang serius dalam mengembangkan Gundam Metaverse Project hingga beberapa tahun mendatang.

Perusahaan telah meluncurkan, wadah investasi bagi perusahaan rintisan global untuk menyediakan hiburan yang memanfaatkan teknologi NFT, blockchain, VR/AR/xR, AI, atau bisnis metaverse terkait Web3.

Sebelumnya Bandai Namco telah merilis Bandai Namco Entertainment 021 Fund, dimana tiap perusahaan global dapat berinvestasi dengan dalam hiburan yang dapat dinikmati dengan memanfaatkan teknologi yang sedang tren belakangan ini seperti blkchain, NFT, AI dan VR/AR/xR.

Gundam hanya satu dari banyaknya IP yang terkenal milik Bandai Namco. Bila hal ini sukses, bisa jadi Bandai Namco akan mulai project yang serupa pada IP lainnya seperti Tekken dan Digimon.