Forza Horizon Game Balapan Paling Favorit

Pada 2021 silam, Forza Horizon 5 telah dirilis dan mendapat banyak tanggapan positif dari para pemainnya. Selain itu, Forza Horizon 5 juga sukses menyedot perhatian gamer dari seluruh dunia.

Game ini tidak hanya dimainkan oleh pecinta game balap saja, namun para gamer kasual juga banyak yang ingin mengeksplore indahnya pesona Meksiko dengan berbagai macam jenis mobil. Game ini sebenarnya hanya spin-off dan seri pendekatan dari seri Forza yang dimiliki Microsoft.

Pada seri utama pada game ini lebih mengutamakan (simulation arcade) untuk dapat bersaing dengan pesaingnya Grand Turismo yang dimiliki Sony, pada seri Horizon dibuat lebih menyenangkan dengan lifestyle sampai dapat bergerak bebas menjelajah dunia di dalam game.

Berawal dari game seri spin-off, Forza Horizon yang kini jadi favorit para gamer mempunyai kisahnya sendiri. Kisah tersebut berawal dari tahun 2010 dimana Microsoft ingin membuat suatu terobosan pada seri Forza.

Pembuatan Playground Game Hingga Pengumpulan Ide

Berlanjut dari ksiah sebelumnya, ide Microsoft untuk membuat terobosan pada seri Forza dengan membuat developer khusus dengan nama Playground Games. Developer yang berlokasi di Inggris ini mempunyai para developer veteran yang telah sukses dengan game balap yang pernah diciptakannya.

Game balap seperti Colin McRae Rally, Colin McRae: Dirt, Race Driver: Grid, Gotham Racing, Driver hingga Burnout merupakan game balap yang pernah ditangani oleh para developer veteran tersebut. Dengan kemampuan yang mereka punya, Microsoft memberikan kepercayaan untuk menyelesaikan tugas berat dengan membuat sesuatu yang baru namun tidak keluar dari cakupan seri Forza.

Setelah beberapa bulan, Playground Games mencoba konsep awal Forza Horizon dengan konsep open world dan festival music yang telah mendapat persetujuan dari Microsoft. Playground Game diberikan waktu selama dua tahun untuk dapat merampungkan game tersebut.

Forza Horizon – 2012

Selama waktu dua tahun masa pengembangan, akhirnya Playground Games berhasil menyelesaikan game pertamanya yaitu Forza Horizon. Dengan latar Colorado, Amerika Serikat yang dapat dijelajahi oleh pemain.

Ada sebuah acara yang menjadi pusat dalam tiap aktivitas pemain yaitu Horizon Festival. Dengan menceritakan seorang anak baru dengan kemampuannya dapat menyingkirkan jagoan-jagoan dalam festival.

Saat dirilis pada Xbox 360, para pecinta game balap ataupun penggemar otomotif langsung menyukai Forza Horizon saat mereka mencoba memainkannya. Dengan menawarkan desain yang sangat baik dan juga hidup membuat game jadi jauh lebih realistis.

Dengan mengimplementasikan game engine yaitu Forza Tech, Playground Games mendapatkan keuntungan saat game ini dikembangkan. Salah satu yang dapat dinikmati pemain adalah audio, visual yang terasa sangat nyata serta kendali yang membuat pecinta balap ingin selalu memainkannya.

Forza Horizon 2 – 2014

Telah meraih kesuksesan pada seri pertamanya, Microsoft mempercayakan kembali seri kedua pada Playground Games. Developer kembali lagi menggunakan Fprza Motorsport 5 sebagai pondasi game yang mereka kerjakan.

Pemain kini dibawa untuk menjelajahi Eropa Selatan yang sebelumnya pada Forza Horizon mereka telah menjelajahi Amreika Serikat. Dengan hadirnya Xbox One, Forza Horizon jadi bisa dimainkan secara off-road dan memiliki cuaca yang lebih dinamis dengan sentuhan dari Playground Games.

Pada seri kedua ini, Forza Horizon mampu memberikan pengalaman terbaik game balap dan mendapatkan respon positif. Suksesnya Forza Horizon 2 menjadikan Microsoft merilis dua jenis lainnya yaitu Forza Horizon 2 Present Fast & Furious dan Strom Island.

Game yang memungkinkan pemainnya untuk menjelajahi dunia dengan mobil favoritnya dengan berbagai macam jenis balapan serta memiliki grafis yang menakjubkan, membuat game balapan ini selalu jadi pilihan utama.

Forza Horizon 3 – 2016

Pada seri ketiga ini, Forza Horizon memungkinkan pemain dapat bermain pada PC. Dengan latar Australia Selatan, game ini menyuguhkan pemandangan alam saat pemain beraksi dalam balapan.

Selain menampilkan keindahan alam, banyak variasi mobil yang dapat digunakan dan juga fitur modifikasi pada mobil. Pergerakan awan dan langit juga bisa dinikmati dengan kamera HDR langsung yang membuat game ini semakin terasanya nyata.

Xbox One yang mempunyai next-gen didalamnya membuat Playground Games bisa meningkatkan berbagai macam standar yang terdapat di game tersebut. Dari peningkatan dan juga kebebasan yang diberikan Forza Horizon 3 membuatnya mendapatkan tanggapan dan nilai yang positif dari para pemainnya.

Dengan memasok hal-hal baru seperti variasi mobil yang semakin banyak, memperluas map Blizzard Mountain, hingga Hot Wheels yang ikut berkolaborasi pada seri ini.

Forza Horizon 4 – 2018

Bila pada tiga seri sebelumnya pemain telah diajak merasakan berbagai tempat pada negara tertentu, pada Forza Horizon 4 pemain dibawa ke tanah kelahirannya ialah Inggris. Dengan tetap memepertahankan yang telah ada, Playground Games menambahkan fitur 4 musim dimana musim akan berganti tiap satu minggu.

Perluasan terhadap map dari seri sebelumnya dan variasi ketinggian pegunungan yang ada menjadi hal yang ditingkatkan pada game yang dirilis pada tahun 2018 ini. Variasi mobil juga bertambah hingga melebihi 740 mobil.

Banyak fitur baru yang dibuat dalam Forza Horizon 5 diantaranya Super 7, The Eliminator, Treasure Hunt, Battle Royal dan fitur lainnya. Dengan berbagai tanggapan positif dan dukungan dari para gamer, Forza Horizon telah mendapat banyak penghargaan hingga 24 juta pemain lebih saat pertama kali dirilis.

Forz Horizon 5 – 2021

Pada seri terbaru ini merupakan seri dengan instalasi yang paling besar dan terbaru. Dengan hadirnya pada konsol next-gen yang paling baru ialah Xbox XIS, Playground Games mencoba memberikan terobosan terbarunya.

Terdapat pembaruan pada luas ukuran map yang jauh lebih besar sampai 50% dari ukuran sebelumnya di seri Forza Horizon 4. Dengan latar game di Meksiko, game ini menawarkan padatnya perkotaan, padang pasir, pantai, gunung api yang aktif hingga hutan hujan suku Maya terdapat pada seri Forza Horizon 5.