Kebiasaan Para Pengguna Mobile Masyarakat Indonesia

Gaya hidup para pengguna perangkat mobile berubah sejak pandemi yang memaksa orang-orang untuk menghabiskan waktu lebih banyak di rumah. Orang-orang khususnya di Indonesia lebih memilih untuk mengabiskan waktunya pada perangkat mobile dibandingkan untuk menonton televise.

Hal ini dibuktikan pada 2021 dengan data para pengguna perangkat mobile yang meningkat sebanyak 38% dalam menghabiskan waktunya sejak 2020. Dan juga adanya peningkatan dari tahun sebelumnya pengunduhan mobile game oleh warga Indonesia pada tahun 2021.

Tingkatan Pengguna Perangkat Mobile Indonesia

Berdasarkan data yang diperoleh, sebanyak 7,31 miliar aplikasi mobile di Indonesia telah diunduh. Ini berarti tiap 60 detik, 13 ribu aplikasi lebih telah di unduh oleh para pengguna perangkat mobile di Indonesia.

Selain itu, sebanyak US $532 juta dihasilkan dari total yang telah dibelanjakan pada Play Store and App Store yang telah naik 38% pada 2 tahun belakangan ini. Lalu selama 5,4 jam tiap harinya dihabiskan para pengguna perangkat mobile di Indonesia.

Berdasarkan dari 10 negara yang diamati, rata-rata masyarakatnya menghabiskan waktunya sebanyak 4 jam 48 menit untuk menggunakan perangkat mobile. Jadi para pengguna perangkat mobile di Indonesia lebih tinggi dalam menghabiskan waktunya dengan perangkat mobile.

Terdapat dua negara yang mempunyai  penggunaan perangkat mobile paling tinggi yaitu Indonesia dan Brazil dengan 5,4 jam. Dengan ini Indonesia telah mengalahkan rata-rata waktu yang dihabiskan saat menonton televisi pada 2018 sebanyak 4,33 jam.

Uniknya para pengguna perangkat mobile di Indonesia telah menghabiskan 70% waktunya mengakses foto dan video ataupun sosial media mereka seperti TikTok dan Youtube. Durasi waktu dalam mengakses video dan foto juga tidak mengalami penurunan terhadap waktu yang digunakan untuk aplikasi lain.

Hal ini dikarenakan warga Indonesia lebih memilih untuk mengakses Youtube dan TikTok.

Perkembangan Industri Mobile

Sebanyak 230 miliar aplikasi telah diunduh para pengguna perangkat mobile di dunia pada tahun 2021. Indonesia menjadi negara terbanyak peringkat lima untuk total aplikasi yang telah di unduh dengan 7,3 miliar.

Bila dibandingkan dengan 2020, Indonesia mengalami peningkatan sebanyak 20% atau meningkat sebanyak 66 miliar unduhan pada 2021. Peningkatan jumlah unduhan yang dialami Indonesia di barengi dengan peningkatan jumlah perangkat mobile game dan mobile.

Sedangkan negara yang berada dipuncak dengan total pengunduhan terbanyak di tempat Tiongkok. Masyarakat Tiongkok telah mengunduh sebanyak 98,4 miliar aplikasi pada tahun 2021. Pada peringkat kedua ada India dengan 26,7 miliar unduhan dan pada peringkat 3 ada Amerika Serikat dengan 12,2 miliar unduhan.

Perkembangan jumlah unduhan pada negara berkembang juga mengalami peningkatan terutama seperti negara Filipina, Peru dan Pakistan yang meningkat sebanyak 25%, Vietnam 20% serta Indoneisa dan Mesir sebesar 15%.

Indonesia juga berada pada peringkat 5 dalam hal negara yang masyarakatnya banyak menghabiskan waktu dengan perangkat mobile. Di tahun 2021 saja, Indonesia telah menghabiskan 156 miliar jam untuk menggunakan perangkat mobile.

Walaupun Indonesia ternyata mengalami penurunan dibanding tahun 2020 dengan 1,6 miliar jam. Sementara itu, India berada pada urutan kedua dengan 699,9 miliar jam dan Amerika Serikat berada di urutan ketiga dengan 194,8 miliar jam dalam menghabiskan waktu dengan perangkat mobile.

Bila bicara belanja konsumen, Tiongkok menempati puncak pada urutan pertama dengan menghabiskan US $56,8 miliar selama 2021. Dilanjutkan pada urutan kedua yaitu Amerika Serikat dengan US $43 miliar dan Jepang diurutan ketiga dengan US $20,7 miliar.

Peningkatan juga terjadi pada pengguna aplikasi mobile serta aplikasi mobile yang telah dirilis. Selama 2021 saja para pengembang game berhasil merilis setidaknya dua juta aplikasi.

Sehingga total jumlah aplikasi yang terdapat pada Android dan iOS sudah mencapai 21 juta aplikasi. Aplikasi Android turut andil sebanyak 77% dan 15% adalah mobile game.

Terjadi peningkatan aplikasi dan mobile game yang sudah mendapatkan pendapatan sebanyak US $100 juta pada 2021. Bahkan terdapat 13 aplikasi yang telah mendapatkan penghasilan sebesar US $1 miliar.

Peningkatan ini bila dibandingkan dengan 2019 yang hanya 13 aplikasi saja yang mendapatkan penghasilan US $100 juta/tahun dan juga 8 aplikasi yang mendapatkan penghasilan US $1 miliar/tahun.

Perkembangan Industri Game Mobile di Indonesia Hingga Dunia

Pada tahun 2020 ada sekitar 490 juta mobile games yang telah diunduh oleh masyarakat Indonesia. Total keseluruhan dari game yang telah di unduh oleh warga Indonesia sebanyak 3,1 miliar.

Salah satu hal yang mempengaruhi peningkatan jumlah unduhan dari mobile game yaitu game hyper casual seperti Bridge Case atau Hair Challenge. Tidak hanya itu, mobile game yang diunduh dai IP yang terkenal seperti PUGB: New State dan Pokemon United telah banyak diunduh di Indonesia.

Lain hal total yang didapatkan secara global yang sudah mencapai 82,98 miliar mobile game yang telah diunduh mengalami peningkatan sebanyak 3,03 miliar dari tahun 2020. Sedangkan untuk pembelanjaan mobile games di tahun 2021 mencapai US $ 115 miliar mengalami peningkatan US $15,5 miliar dari tahun 2020.

Game seperti Genshin Impact dan Roblox turut andil dalam meningkatkan belanja game online di masyarakat. Sedangkan di Tiongkok warganya  lebih memilih untuk bermain League of Legends: Wild Rift dan Harry Potter Awakened yang akan mendapatkan keuntungan yang besar serta meningkatkan perkembangan industri game di Tiongkok.

Lain hal di Indonesia yang mobile game yang sering di unduh yaitu Higgs Domino Island, Bridge Race dan Island King – Coin Adventure. Bila dilihat dari Monthly Active User (MAU) ada tiga game mobile yang memiliki pengguna aktif bulanan paling tinggi yaitu Higgs Domino Island, serta Mobile Legends: Bang Bang dan KayaDominoQiuQiu: Real QQ Slot.

Dan bila berdasarkan data dari belanja konsumen terdapat tiga game yang memiliki pendapatan yang besar yaitu Higgs Domino Island, Ragnarok X: Next Generation dan Genshin Impact.

Jenis Game Terfavorit di 2021

Genre game hypercasual menjadi genre game mobile yang paling favorit diunduh pada tahun 2021. Selain itu, Sub-genre hypercasual action merupakan tipe mobile game dengan unduhan terbanyak yang diikuti hypercasual puzzle, dan hypercasual simulation.

Uniknya ada tiga genre terpopuler yang pada 2021 dan 2020. Namun ada sedikit perbedaan yang mana hypercasual action ada diurutan kedua dan hypercasual puzzle pada urutan pertama.

Akan tetapi, apabila data yang dijadikan tolak ukur adalah total yang dihabiskan dari para gamers, 4X March-Battler Strategy keluar sebagai genre game mobile dengan pemasukan tertinggi. Setelahnya ada  MMORPG dan Team Battle (RPG) yang mengikutinya.

Ketiga genre tersebut menjadi genre game mobile dengan pemasukan terbesar pada 2020. Namun ada perbedaan dimana Team Battle (RPG) berada di urutan satu dan 4X March-Battle Strategy dan MMORPG pada urutan dua dan tiga.