Minimalis Gaming, Mengenal Lebih Jauh Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Mengenal Minimalis Gaming

Pada kehidupan seseorang pasti ada yang menerapkan gaya hidup minimalis dalam menjalani hari demi harinya. Hal ini juga bisa belaku pada seorang gamer terhadap gaya hidupnya.

Minimalist gaming mungkin kata yang tepat untuk gaya hidup ini, dimana para gamer hanya membeli atau memainkan game favorit mereka saja dan tentunya paara gamer biasanya sudah mengetahui tentang game tersebut.

Munculnya Minimalis Gaming

Saat kalian berada dalam komunitas game, kalian bisa saja menerima tekanan dari lingkungan kalian dalam hal membeli atau bermain game. Terkadang dalam suatu pertemanan juga bisa merasakn hal serupa.

Banyaknya game yang telah beredar di pasaran bisa menjadikan kalian untuk bebas dalam memilih game sesuai minat kalian. Oleh karena itu kalian harus benar-benar tahu tipe game apa yang sesuai dengan karakter kalian.

Pemilihan game tentu bisa dari referensi teman atau pun pengalaman pribadi saat memainkannya. Dalam memilih game ada baiknya kalian tahu game apa saja yang membuat kalian merasa penasaran, tertantang dan bisa membuat kalian senang saat memainkannya.

Biasanya lingkungan sekitar atau tren saat itu menyarankan untuk bermain game yang menurut mereka menarik padahal game tersebut memiliki berbagai macam tanggapan. Lebih baik untuk tidak cepat terpengaruh dengan linkungan atau pun tren yang sedang hype.

Dari sisi finansial kalian juga harus memperhatikan saat kalian ingin membeli sebuah game untuk dimainkan. Kalian juga pasti tahu membeli sebuah game butuh dana yang tidak sedikit ditambah dengan perangkat yang dibutuhkan untuk mendukung game sesuai spesifikasinya.

Tipe Gamer Dalam Minimalist Gaming

Memilih game tentunya harus sesuai dengan hal yang kalian sukai. Berikut ini tipe gamer dalam minimalist gaming :

Persaingan Dalam Game

Gamer yang suka bersaing dengan gamer lain pada sebuah game untuk bisa mendapatkan posisi terbaik. Dalam hal ini, gamer dituntut untuk fokus terhadap game yang sedang dimainkan tanpa harus berpaling pada game lain.

Dengan seringnya bermain tentunya gamer jadi bisa lebih menguasai game dan meningkatkan kemampuan pada game tersebut hingga mendapatkan posisi terbaik yang diinginkan. Biasanya gamer akan rela untuk berinvestasi dalam game ini demi mendapatkan hal diinginkannya.

Obsesi Untuk Mendapatkan Segalanya

Untuk gamer satu ini bisa dibilang perfeksionis dalam mendapatkan suatu hal. Mereka cenderung untuk berusaha untuk menyelesaikan setiap achievement list atau pun mempunyai semua item atau equipment dalam sebuah game.

Tentunya butuh waktu yang tidak sedikit untuk bisa memastikan misi, item, equipment sampai  achievement list bisa tercapai semua dalam game tersebut.

Alur Cerita Yang Menarik

Banyak developer game yang telah membuat jalan cerita yang menarik pada game yang dibuatnya untuk menarik minat para gamer dalam memainkannya. Dengan berbagai genre game yang tersedia seperti Sci-fi, RPF, Thriller, JRPG, RPG dan sebagainya.

Gamer harus mencari tahu jalan cerita game yang menurut mereka menarik dari sebuah portal game, youtube atau pun website yang menyediakan informasi tentang game tersebut sebelum game membelinya.

Game Dengan Konsep Minimalis

Game dengan konsep minimalis bisa diartikan game yang dibuat dengan konsep, desain dan objek yang sederhana. Game dengan konsep minimalis belum tentu gampang dimainkan.

Game jaman dulu seperti Tetris, Pong dan Pac-Man merupakan game lawas dengan konsep serupa. Tapi bukannya pada jaman sekarang tidak ada game dengan konsep yang sama, game seperti Supershot, Unravel, Limbo, Journey, dan Thomas Was Alone.

Dalam memainkan game yang ingin dimainkan tentunya gamer harus menyiapkan perangkat pendukung berupa konsol, PC, handphone ataupun perangkat lain.

Terkadang gamer mempunyai masalah dimana mereka hanya membeli sebuah konsol untuk dapat memainkan suatu game saja. Apabila telah menyelesaikannya atau dirasa puas dalam memainkan suatu game, konsol tersebut dibiarkan begitu saja hingga berdebu.

Misalnya gamer membeli Gameboy hanya untuk dapat bermain Pokemon lalu apabila telah menyelesaikan atau dirasa puas memainkannya lalu dilupakan hingga berdebunya konsol tersebut.

Hal ini tentunya sangat disayangkan dan jadi permasalahan tertentu yang dialami gamer pada jaman modern ini. Namun, gamer tidak perlu khawatir karena ada solusi untuk mengatasinya.

Cara Dalam Menerapkan Minimalist Gaming

Berbagai macam karakter orang tentunya bisa mempengaruhi tipe game yang cocok dengannya. Nah dalam menentukan game yang disukai bisanya ada beberapa poin yang menjadikan mereka memilih game tersebut sebagai game favorit atau yang sering dimainkan.

Gunakan Metode KonMari

Metode yang di populerkan Marie Kondo tentang gaya hidup minimalis saling berkaitan dengan metode dalam menentukan game yang mana yang mau disingkirkan atau disimpan. Jika gamer mempunyai benda fisik yang bisa disentuh dari suatu game, coba berinteraksi secara fisik terhadap benda tersebut.

Apabila kalian merasakan hal yang membuat kalian senang saat menyentuhnya, kalian bisa menyimpan game tersebut. Tapi apabila tidak, kalian bisa menyingkirkannya.

Lalu, bagaimana bila yang dimiliki buka barang fisik melainkan tersimpan di platform seperti Steam ? Mudah saja, kalian hanya perlu uninstall atau menghapus game yang dirasa tidak akan dimainkan lagi.

Dalam merapihkan perangkat game yang kalian punya juga bisa menerapkan cara yang sama seperti sebelumnya. Dengan perasaan yang ditimbulkan dari interaksi kalian dengan perangkat tersebut.

Kalian bisa menentukan langkah selanjutnya yang akan diambil apakah digunakan kembali atau disingkirkan dengan memberikan atau dijual pada orang lain. Hal ini tentunya akan memberikan kepauasan tersendiri pada diri kalian.

Bila itu semua telah dilakukan, kalian bisa membeli game baru yang kalian inginkan tanpa harus mengeluarkan dana sebesar pembelian pada game sebelumnya. Dengan begitu anggaran kalian bisa lebih teratur dan tampilan pada perangkat kalian bisa terlihat berbeda dengan adanya game baru tersebut.

Dalam membeli game terbaru juga kalian harus bijaksana dalam memilih dan mengeluarkan dana. Hindari perilaku First Missing Out (FOMO) dimana kalian takut akan dibilang kurang update.

Lebih baik kalian mengetahui review dan informasi lengkap terkait game yang ingin kalian beli. Dengan begitu kalian bisa menghindari kerugian dan akan merasa lebih puas karena bisa menentukan pilihan yang tepat.

Yang perlu diingat, dalam membeli dan memainkannya game kalian harus mengedepankan sisi dimana kalian akan merasa semangat dan senang dalam memainkan game tersebut.