Nintendo Switch dan Stardew Valley Menurun

Penjualan Nintendo Switch Mengalami Penurunan

Nintendo yang sedang dihadapkan pada masalah produksi hingga kini masih memiliki jumlah pemain yang banyak. Terbukti dengan dominasi Nintendo Switch pada pasar konsol yang terus berjalan hingga saat ini.

Menurut laporan penjualan mereka di 2021, gabungan total penjualan mulai dari Nintendo Switch Lite, Nintendo Switch OLED dan  Nintendo Switch yang mencapai hingga 107,65 juta unit. Angka tersebut merupakan hal yang sangat baik bila dibandingkan hingga saat ini Nintendo telah menjual sebanyak 23,06 unit.

Dari total tersebut Nintendo Switch standar masih merupakan varian yang paling digemari dengan 13,56 juta. Pada urutan kedua ada Nintendo Switch OLED dengan 5,8 juta serta urutan ketiga dengan Nintendo Switch Lite 2,7 juta unit.

Walaupun target pencapaian 110 juta unit terlihat akan tercapai, sayangnya angka tersebut justru mengalami penurunan bila dibandingkan tahun lalu. Penjualan mereka tahun ini cenderung turun sebesar 20% dari tahun 2020 silam.

Turunnya penjualan bukan karena minat pemain atau faktor eksternal lain yang mengalami penurunan. Namun karena langkanya komponen semikonduktor serta komponen lain yang berdampak pada produksi konsol mereka jika dibandingkan dengan tahun 2021 sebelumnya.

Beruntung Nintendo masih terbantu dengan penjualan Animal Crossing: New Horizon di tahun 2020 lalu yang telah membantu dalam penjualan konsol game Nintendo Switch. Dengan makin populernya game Animal Crossing, Nintendo mengaku tidak mempunyai game yang memiliki kepopuleran yang setingkat seperti  game tersebut pada beberapa saat terakhir.

Pada tahun 2021, Nintendo Switch memiliki game yang sangat populer yaitu Pokemon Briliant Diamond and Shining Pearl yang telah terjual sebanyak 14,65 jut unit. Dengan urutan berikutnya Pokemon Legends: Arceus yang sukses terjual 12,64 juta unit selama tidak lebih dari 3 bulan.

Game terbaru Kirby and the Forgotten Land yang berhasil terjual 2,65 juta unit hanya dalam 6 hari. Dari semua angka tersebut, Nintendo juga berhasil mencetak rekor terbarunya pada 2021 yang menjadi tahun terbaik dalam penjualan software tertinggi pada satu perangkat gaming.

Pada proyek selanjutnya, Nintendo mempunyai game yang sudah dinantikan para penggemar seperti Pokemon Scarlet and Violet, Bayonette 3 dan Xenoblade 3.

Walaupun dalam hal penjualan unit mengalami penurunan, akan tetapi jumlah pemain Switch bertambah sebanyak 17% bila dibandingkan tahun lalu. Jadi total pemain Nintendo Switch tahun ini telah mengalami peningkatan yang mencapai 102 juta pemain yang pada tahun lalu sebanyak 87 juta pemain.

Penjualan Stardew Valley Meningkat

Popularitas Stardew Valley semakin membesar hingga saat ini sejak dirilis pertama kalinya pada tahun 2016. Lewat situs resmi, mereka memberitahukan jika mereka telah sukses mnjual game Stardew Valley sebanyak 20 juta unit.

Sang pengembang, Concerned Ape juga menegaskan 13 juta dari 20 juta  unit tersebut dihasilkan dari perangkat PC. Hal ini menjadi mengejutkan disaat mobile game sedang mengalami pertumbuhan yang tinggi.

Berdasarkan info dari Tweaktown, Stardew Valley saat ini menempati urutan teratas game indie yang memiliki penjualan terbanyak mencapai 20 juta unit.

 

Stardew Valley diikuti banyak game indie lainnya seperti Rust, Fall Guys, Valheim, Cuphead, Enter the Gungeon, Dead Cells, Hollow Knights, Shovel Knights, dan Untitled Goose Game.

 

Jumlah penjualan yang didapat oelh Stardew Valley hampir dua kali lipa dari hasil penjualan Rust yang berada di urutan ke dua dengan 12,4 juta unit. Hal ini tentunya akan menyulitkan game indie lainnya untuk bisa mengejar atau menyusul Stardew Valley yang memiliki selisih yang sangat jauh.

Selama ini Stardew Valley sendiri telah dirancang sangat baik hingga mencapai titik berpijaknya sekarang. Pada 2018 saja, penjualan Stardew Valley menyentuh satu juta unit pada Nintendo Switch dan di tahun 2020 juga berhasil menjual satu juta unit untuk perangkat iOS dan Android.

Pada bukan September tahun 2021, Stardew Valley telah mencatatkan rekor mereka yang menembus 15 juta unit. Dari saat itu hingga sekarang, bertambahnya lima juta unit didapatkan dalam waktu tidak lebih dari setengah tahun.

Eric Barone merupakan arsitek dari game simulasi yang sekarang banyak diminati. Dalam mengembangkan game miliknya, dia hanya sorang diri dan belajar secara otodidak dari berbagai macam aspek ilmu yang ada seperti halnya desain, pemrograman, music, dan seni.

Hingga akhirnya, dengan latar pedesaan game ini berhasil dirilis pada 26 Februari 2016. Usaha Eric selama ini terbayar sudah, dengan penjualan game miliknya yang telah mencapai satu juta unit dalam waktu hanya dua bulan saja sejak pertama kali dirilis.

Sekarang Eric telah memiliki tim yang akan membantunya dalam memberikan pembaruan pada game miliknya.