Sony Berencana Pasang Iklan Pada Game Gratisnya

Sony yang merupakan rival dari Microsoft pada industri game akan memasangkan iklan pada game gratis miliknya. Hal ini juga senada dengan Microsoft yang sebelumnya telah menyampaikan ingin memasangkan iklan pada game free to play milik mereka.

Dari informasi yang beredar, Sony siap untuk menyediakan sistem bagi para pengembang game untuk bisa monetisasi game gratis yang mereka kembangkan lewat iklan pada game yang mereka buat. Sistem akan saling terintegrasi dengan iklan yang sudah didaftarkan pada game yang telah ditargetkan.

Tampilan iklan juga akan terlihat smooth karena iklan akan tampil dalam sebuah reklame yang terdapat pada game yang akan ditampilkan seperti pada iklan yang ada dunia yang sesungguhnya. Dari konsep ini memang Sony mempunyai kesamaan dengan Microsoft yang telah lebih dulu mengumumkannya.

Namun, Sony memiliki perbedaan yang ingin sistemnya ini dapat dikembangkan agar tidak lebih dari iklan yang terdapat pada game. Sony akan memberikan hadiah bagi pemainnya yang mau berinteraksi dengan iklan yang telah tampil yang dibangun dengan sistem platform level.

Untuk mendapatkan hadiah tersebut tentunya pemain diharuskan menonton iklan dengan durasi yang yang beragam hingga selesai. Hadiah yang akan didapatkan pemain umumnya berupa item yang terdapat dari game hingga skin pada game yang sedang mereka mainkan.

Sebenarnya hal semaca ini bukan hal yang baru pada industri game dan telah banyak dilakukan oleh berbagai macam game mobile yang telah dirilis. Akan tetapi, agak berbeda dengan yang lainnya karena Sony tidak memaksakan kehendak pada pengembangnya agar gamenya dipasangkan sistem ini pada game gratis yang mereka miliki.

Hal ini serupa dengan Xbox, para pengembang yang berpartisipasi ikut sitem iklan di Playstation nantinya akan meraih penghasilan tambahan dari iklan yang telah dipasang pada game miliknya. Microsoft juga menegaskan tidak akan mengambil keuntungan dari sistem iklan yang akan mereka terapkan.

Lain hal dengan Sony yang akan evaluasi lagi terkait site ini yang akan memotong pemasukkan dari iklan atau tidak. Sony juga masih menimbang terkait data yang dimiliki dari para penggunanya dari platform periklanan ini apakah akan dijual atau tidak kepada para pengiklan.

Bagi para pemain game gratis milik Sony, tentunya ini akan sangat mengganggu dengan hadirnya iklan disaat mereka memainkan game tersebut. Namun dari pihak Sony diumumkan telah menguji cona sistem iklan pada game gratisnya ke beberapa pengembang game.

Microsoft Akan Memasang Iklan Pada Iklan Game Gratisnya

Microsoft dan Xbox terlihat memiliki kesibukan yang relative tinggi dengan Activision Blizzard yang telah diakusisi, paket keluarga yang sedang dikembangkan untuk Xbox Game Pass serta peningkatan pada produksi konsol pada Xbox Series X dan S.

Belum lama ini Microsoft akan berlakukan program baru yang mungkin akan meresahkan para sebagian pemain. Program yang dikembangkan merupakan iklan yang akan tampil pada game Xbox khususnya game gratisnya saja.

Dengan Microsoft yang mulai memberlakukan iklan pada game gratisnya memungkinkan para developer game akan lebih banyak meraup keuntungan  dari game gratis yang mereka miliki. Microsoft yang telah menyadari keputusannya tersebut tentu akan menerima tanggapan negative dari para pemainnya.

Ha ini dikarenakan adanya rumor negatif terkait game gratis yang memiliki pendapatan dari microtransaction. Rumor tersebut langsung dibantah oleh Microsoft dengan menyebutkan tidak akan mengambil keuntungan sedikit pun dari iklan yang ada di dalam game dan keuntungan yang didapat dari iklan seluruhnya milik pengembang game.

Terobosan ini dinilai diambil oleh Microsoft agar pengembang game tertarik unutuk masuk dalam platform milik mereka.

Keamanan data dari pengguna menjadi sorotan karena dari game dan aplikasi yang ada diharapkan bisa memberikan para pemainnnya iklan yang relevan. Namun Microsoft mengutarakan tidak akan mengambil data pemainnya dari Bing ataupun layanan lain agar biklan bisa tertarget pada konsol Xbox.

Realitanya, Microsoft sendiri tidak menjelaskan secara detail bagaimana sistem iklan yang akan diterapkan pada aplikasinya. Akan tetapi, dikabarkan rencana akan diawali dengan memanfaatkan billboard yang terdapat di dalam game khususnya game olah raga dan balap untuk beriklan.

Penerapan ini tentunya tidak akan mengganggu aktivitas pada saat bermain game. Hal ini berbeda pada iklan yang di implementasikan pada game mobile yang cenderung membuat pemainnya terusik karena terkadang iklannya didalam game yang dimainkan sangat menggangu.