Sony Playstation: Menyasar Game PC dan Mobile

Sony Playstation – Sony berencana agar game miliknya dapat dimainkan diberbagai platform seperti PC dan mobile. Suksesnya game eksklusif milik Sony seperti Days Gone, Horizon Zero Down, God of War pada PC memberikan peluang bagi Sony untuk bisa bersaing perangkat lain.

Dalam rapat tahunan yang digelar oleh Sony yang belum lama ini dilaksanakan, Jim Ryan selaku President Sony Interactive Entertainment mengungkapkan bila hingga sekarang mereka hanya membatasi pada porsi pasar yang kecil. Transformasi bisnis yang dilakukan dengan memperluas platform pada game mereka bisa menjadi hal yang positif bagi Sony.

Dalam presentasi yang terlihat pada rapat tersebut, mereka mempunyai target dalam merilis game milik mereka dalam perangkat PC dan mobile hingga sebagian dari total game yang akan dirilis hingga tahun 2025 yang akan datang. Padahal, selama ini hanya seperempat dari total game dengan didominasi tiga perempatnya oleh Playstation 4 dan Playstation 5.

sony-playstation

Dalam presentasinya juga, Ryan menyebutkan perluasan cakupan ke berbagai platform seperti PC dan mobile bisa dibilang merupakan live services, dan Sony berkesempatan untuk bisa mengalihkan situasi dari segmen kecil ke segmen yang lebih besar yaitu pasar software game secara menyeluruh.

Dengan investasi yang dilakukan diperangkat PC dan mobile dapat meningkatkan jumlah pemain yang memainkan game milik mereka. Tidak hanya itu saja, pemain juga bisa menikmati game hingga bersedia membayar untuk game yang mereka mainkan.

Game yang dimiliki Playstation Studios seperti God of War, Horizon Zero Dawn dan Days Gone yang telah disebutkan pada permulaan artikel ini telah memiliki peningkatan drastis hampir empat kali lipat di tahun 2022. Sony telah mencetak rekor dengan mendapatkan pennghasilan yang didapatkan dari penjualan game pada perangkat PC hingga meraih USD $300 juta, jauh dibandingkan pada tahun sebelumnya yang hanya mencapai USD $80 juta saja.

Bagi perangkat mobile, Sony belum mempunyai judul yang akan jadi andalannya. Akan tetapi, Sony sudah mempersiapkan semua sudah cukup lama dalam memberikan kontribusinya pada pasar mobile.

Rencananya Sony akan merilis game mobile yang akan dirilis lewat studio mereka ataupun kolaborasi yang akan dilakukan dengan pihak pengembang lain yang sudah ada. Game live service akan jadi targer untuk Sony yang memiliki ambisi untuk bisa mendapatkan 10 franchise game.

Sony juga menyebutkan penggunaan judul pada selain industri game akan dikembangkan seperti pada film yang akan dirilis The Last of Us dan Uncharted yang telah dirilis sebelumnya.

Alan Wake, Berawal Dari Game Kini Diadaptasi Jadi Serial Televisi

Tidak hanya game Playstation yang dijadikan film layaknya Encharted dan The Last of Us, namun ada juga game dengan genre action horror yang kini diadaptasi jadi serial TV. Alan Wake yang merupakan game populer yang telah mendapatkan kontrak dari AMC yaitu salah satu TV kabel terbaik yang ada di USA.

AMC telah membuat serial TV terbaik yang telah menjadi favorit bagi para penontonya. Serial seperti The Walking Dead, Mad Men sampai Breaking Bad telah berhasil menjadi serial yang banyak dinikmati dan sekarang Alan Wake akan tampil perdana melalui AMC untuk segera masuk dalam dunia laya kaca yang diadaptasi dari video game.

Remedy Entertainment yang telah diwakili Sam Lake selaku Creative Director telah mengumumkan hak cipta Alan Wake telah dibeli AMC untuk dapat ditayangkan di layar kaca lewat video saat merayakan ulang tahun yang ke 12 dari seri Alan Wake.

Sam juga telah dalam kesempatannya telah menyinggung serial Alan Wake yang mungkin akan diadaptasi dan tampil menjadi serial TV sejak tahun 2018 silam. Dari ide tersebut, ternyata butuh 4 tahun lamanya ide tersebut menjadi nyata.

Sangat disayangkan kala itu Sam tidak bisa memberikan banyak informasi karena tidak mempunyai hal tersebut untuk di bagikan kepada para fans. Namun, dia akan memberikan informasi kepada para fans bila ada hal yang akan diumumkan.

Alan Wake adalah game buatan Remedy Entertainment pertama yang dibuat setelah mereka beralih ke Max Payne. Setelah mendapat bantuan dari Microsoft Game Studios, akhirnya mereka merilis Alan Wake pada 2010 dan langsung mendapat respon yang baik dari para gamers karena alur cerita yang menarik sehingga menjadi salah satu game yang difavoritkan.

Dari awal cerita Alan Wake telah dikemas dengan baik dan mempunyai unsur yang mirip dengan serial misteri yang ada di televise. Dalam alur ceritanya terbagi menjadi 6 episode dengan judul, plot twist serta cliffhanger.

Alur cerita dari Alan Wake menceritakan Alan Wake yang seorang penulis novel berusaha untuk mengungkapkan kebenaran dari istrinya yang hilang saat berlibur dikota Bright Falls. Anehnya, cerita yang terdapat dalam novel yang sedang ia buat ternyata menjadi kenyataan dan dialami oleh Alan Wake itu sendiri sebagai penulisnya.

Selain itu, sang pengembang Remedy Entertainment dan Epic Games telah sepakat untuk bekerja sama dalam pengembangan Alan Wake 2 yang akan jadi sekuel sejak tahun 2010 game ini dirilis.