Sponsor Esport – Bagaimana Cara Mendapatkan nya?

Perkembangan dunia esport yag semakin mendunia  membuat industri esport makin kompetitif. Ini yang menjadi pertanyaan yang suka diajukan para pelaku esport yang telah terjun ke dalamnya.

Organisasi maupun event organizer esport selalu memikirkan cara bagaimana untuk bisa mendapatkan kucuran dana dan sponsor untuk melaksanakan acara-acara esport yang akan diadakan.

Dari perbincangan yang telah dilakukan oleh Claire Arnott Consulting dan British Esport terdapat informasi bagaimana cara untuk bisa mendapatkan sponsor dan dana yang bisa berguna buat kalian yang sedang menggeluti dunia esport.

Cari Tahu Dengan Jelas Apa Saja Yang Dibutuhkan

Pertama-tama kalian harus mengetahui dengan jelas berapa jumlah dana yang dibutuhkan dalam acara atau proyek yang akan kalian kerjakan. Dalam merencanakan kegiatan, kalian bisa menggunakan beberapa pertanyaan untuk membantu kalian dalam hal perencanaan, seperti :

  1. Dimana kalian tinggal (domisili) ? apakah kalian ada rencana untuk bepergian baik itu sendiri ataupun dengan tim ? Bila Ya, kemana kalian akan pergi ? Jelaskan rencana jangka pendek dan jangka panjang kalian !
  2. Jelaskan kebutuhan finansial kalian butuhkan ! Bagaiman prospek dua hingga tiga tahun mendatang ?
  3. Jelaskan sumber income kalian ! Sumber income tersebut apa bisa untuk jangka panjang dan bisa terperinci ? Perusahaan kalian bisa memberikan pelayanan tambahan atau tidak ?
  4. Adakah rencana untuk kalina bisa mendapatkan income yang lebih atau yang lain ?

Apabila semua pertanyaan diatas bisa kalian jawab dengan baik dan jelas kalian melanjutkannya pada tahap selanjutnya.

Penyusunan Pendanaan Agar Lebih Efektif

  1. Siapa saja yang dapat menikmati hasil produk/karya/layanan kalian ? Target pasar kalian siapa saja ?
  2. Jelaskan sumber daya dan kapasitas yang diperlukan dalam mendapatkan dana yag di inginkan atau dibutuhkan ?
  3. Pilihan apa saja yang bisa menjadi sumber dana ?
  4. Berikan rincian dana kegiatan yang dibutuhkan. Misalnya, rincian dana operasional (gaji, biaya, sewa, dan lainnya), fasilitas operasional dan biaya tambahaan lainnya yang dibutuhkan.
  5. Besarnya dana yang dibutuhkan untuk sebuah proyek atau turnamen. Hal ini harus diperhitungkan secara jangka panjang.
  6. Kapan dana akan digunakan ?
  7. Jelaskan organisasi atau perusahaan kalian agar bisa berkembang dari dana yang telah di ajukan.

(salah satu pertanyaan kunci yang bisa menentukan keputusa pihak sponsor).

Pertanyaan diatas bisa diterapkan agar kalian bisa lebih mengetahui rencana dan tujuan dari dana yang akan didapatkan dalam dalam dunia esport.

Apabila kalian masih bingung kalian bisa melakukan hal-hal berikut ini :

Apa Yang Membedakan Kalian Dengan Yang Lain (Unique Selling)

  1. Apa ciri khas atau keunikan perusahaan atau organisasi yang kalian punya dengan yang lain ?
  2. Gimana produk/karya/layanan dari perusahaan atau organisasi kalian bisa diterima pasar dan nilai apa yang bisa diberikan dari program yang telah dibuat ?
  3. Jelaskan secara detail kelebihan yang kalian punya untuk meyakinkan investor bahwa kalian menguasai bidang tersebut

Perlihatkan Efeknya

  1. Jelaskan kepada investor bahwa dana yang mereka keluarkan merupakan pilihan tepat untuk mereka berinvestasi
  2. Tunjukkan efek positif jangka panjang dan pendek yang akan didapatkan

Perluas Jaringan

  1. Beri tahukan kepada teman kerabat kalian maupun orang-orang yang terhubung dengan kalian sebagai influencer dari dana yang akan di dapatkan. Fokusnya untuk memperkenalkan perusahaan atau organisasi yang kalian miliki kepada orang-orang dengan jangkuan yang lebih luas lagi.
  2. Jelaskan cara kalian dalam memperluas jaringan dengan sumber daya manusia maupun teknologi yang kalian punya

 

Berbagai Macam Jenis Pendaaan

Sebenarnya, tersedia berbagai macam cara agar kalian bisa mendapatkan dana sponsor dari para investor. Tapi kalian harus meriset dan mengambil langkah yang terbaik dan cocok bagi kalian karena tidak semua cara akan cocok bagi kalian.

Mengirim proposal kepada perusahaan besar adalah salah satu contoh sederhana yang bisa kalian lakukan.

Venture capital atau investor pribadi dalam esport bisa ditemukan pada Harris Blitzer Sports & Entertainment. Mereka telah memiliki Crystal Palace, Team Dignitas dan Philadelphia 76ers.

Kalian bisa memulai dengan baik apabila kalian telah mempunyai koneksi yang baik dengan orang-orang besar atau penting. Apabila tidak, kalian butuh waktu dan tenaga untuk bisa mencapai hal tersebut.

Dana Dari Pemerintah

Perlu diingat jika pemerintah belum menyediakan dana untuk perusahaan, organisasi ataupun tim espot traditional walaupun tidak menutup kemungkinan akan ada di masa depan nantinya.

Galang Dana (Crowfunding)

Dalam industri esport, penggalangan dana lumayan populer digunakan agar  terhindar dari investasi traditional.

Kickstarter dan Indiegogo merupakan platform penggalangan dana secara global bagi para developer yang didapatkan dari penggemar dan pelanggan yang dianggap potensial.

Cara paling mudah yaitu kalian hanya perlu eksis dan update di Twitch untuk meminta donasi agar bisa menjadi pendapatan.

Teknik tersebut biasanya dimanfaatkan para streamer masing-masing daripada harus menggunakan organisasi esport secara keseluruhan.

Agar penonton ikut berdonasi, kalian harus mempunyai alasan yang jelas dan tepat walaupun ini bukanlah cara yang biasa dipakai oleh organisasi esport dalam mendapatkan dana. Kalian juga bisa mnedapat tim streamer bila kalian siap berbagi hasil dari penggalangan dana yang telah dilakukan.

Cari Sumber Donasi Lain

Penjualan konten, (merchandise) ataupun membuat acara tertentu bisa saja mendapatkan income tambahan selain dari sponsor dan investor.

Perlu di ingat agar mengatur aset fisik maupun digital membutuhkan investasi dalam aset yang sama termasuk dalam pemasaran.

Butuh dana dan waktu dalam penjualan souvenir/merchandise pada akhirnya.

Keuntungan Sosial Dari Investasi

Intel merupakan salah satu investor yang telah banyak berinvestasi dalam perkembangan esport. Ini dibuktikan dengan memberikan dana dalam turnamen yang diselenggarakan khusus wanita agar dunia esport lebih berkembang dan inklusif.

Siapa yang tidak tahu Intel ? Sebuah perusahaan besar perangkat computer yang sangat popular di dunia teknologi. Hal penting yang bisa didapatkan bagi perusahaan besar selain penjualan yaitu ikut serta dalam kegiatan amal dan bertanggung jawab secara sosial dalam perusahaan.

Walaupun bagi perusahaan besar mungkin tidak akan tertarik dengan souvenir ataupun merchandise perusahaan ataupun organisasi esport yang kalian kelola tapi mereka bisa saja tertarik dengan kegiatan sosial yang kalian rencanakan. Dari kegiatan social tersebut bisa saja membangun kepercayaan antara kalian dengan investor.

Alur Pendanaan

Cari tau sector apa saja yang membuat mereka tertarik dengan yang telah kalian lakukan. Setelah itu, kalian bisa terus terhubung  dan bsia saling memberikan ilmu yang bermanfaat.

Lalu kalian bisa kirim artikel, mengadakan webinar sampai mengirimkan undangan untuk acara yang kalian buat. Usahakan untuk bisa mendapatkan perhatian mereka dengan proposal kegiatan bisnis yang akan kalian lakukan dengan menjelaskannya secara terperinci dan besarnya keuntungan yang bisa didapatkan.

Bila kalian telah berhasil, hanya urusan pelaporan, administrasi, diskusi keuntungan samapi rintangan yang akan datang. Mereka juga ingin tahu apa saja yang telah terjadi dan telah di pelajari untuk bisa berkembang lebih baik lagi.

Gimana Cara Dapat Sponsor Dalam Dunia Esport ?

Bertanya pada diri sendiri

Dalam pengembangkan perusahaan ataupun organisasi kalian tentunya sulit untuk meyakinkan para investor agar mereka mau berinventasi pada kalian. Tiap investor yang kalian temui belum tentu sama dengan investor lain karena mempunyai ketertarikan yang berbeda-beda.

Jadi kalian tidak bisa menerapkan hal yang sama pada tiap investor yang ditemui. Tapi baiknya kalian mengikuti beberapa masukan untuk bisa membuat kalian lebih tahu kondisi meda yang akan kalian hadapi.

Rencana yang jelas menjadi salah satu cara agar investor ataupun sponsor tahu apa yang akan kalian lakukan dan apa yang kalian mau dari investor ataupun sponsor.

Dalam dunia esport yang kompetitif, kalian sangat membutuhkan keunikan yang bisa dijual dari tim, perusahaan ataupun organisasi yang sedang kalian kembangkan. Ini dikarenakan sudah banyaknya tim yang telah bersaing untuk mendapatkan sponsor.

Kalian juga harus menentukan tujuan kalian untuk mendapatkan investor dari developer game yang sudah besar atau perusahaan kecil dari industri game ?

Pikirkan juga siapa saja kompetitor kalian, karena kalian bisa belajar dari tiap langkah yang telah mereka ambil agar bisa lebih berkembang lagi. Pelajari agar bisa menemukan celah pasar yang bsia dimanfaatkan.

Pikirkan apa saja yang bisa ditaawarkan pada investor maupun sponsor baik hal sederhana seper souvenir atau merchandise, konten, nama mereka yang disebutkan dalam acara lalu hitung secara detail berapa besar dana yang dibutuhkan.

Ini adalah hal umum yang bisa ditanyakan pada diri kalian karena hanya masing-masing dari kalian mempunyai jawaban yang berbeda-beda dengan semua factor yang ada dalam diri kalian.

Perlu di ingat juga untuk mendaftarkan perusahaan atau organisasi kalian agar diakui secacara sah dan legal.

Siapkan Materi Selengkap Mungkin

Untuk memulai langkah kalian selanjutnya, persiapkan materi tentang profile perusahaan atau organisasi kalian dan kirimkan pada calon investor ataupun sponsor.

Berikan gambaran singkat yang bisa mendeskripsikan secara keseluruhan materi presentasi yang kalian berikan secara padat dan jelas. Ini di karenakan para investor atau sponsor belum tentu membaca semua isi presentasi yang kalian berikan.

Apa Saja Isi Materi Presentasinya ?

Materi presentasi kalian bisa diisi dengan latar belakang perusahaan atau organisasi, arti logo, nilai-nilai yang diterapkan, pencapaian, target dan info statik tentang perusahaan atau organisasi kalian. Perlihatkan juga dokumentasi dari kegiatan yang telah dilakukan.

Mungkin ada baiknya untuk menjelaskan apa esport itu serta prospek dan keuntungan yang bisa didapatkan dari dunia esport. Biasanya kalian hanya perlu memperkenalkan apa yang investor atau sponsor mau dan kalian memberikan solusi serta jawaban dari itu semua hingga mendapatkan keuntungan yang baik.

Dengan media sosial yang ada sekarang ini, kalian bisa memaksimalkan pemasaran perusahaan ataupun organisasi kalian dengan salah satunya memposting tiap kegiatan yang dilakukan. Kalian juga harus selalu memperhatikan engagement yang diberikan di media sosial dengan memperhatikan static dan data yang ada.

Kalian juga harus menanggapi setiap komentar ataupun pesan yang berkaitan dengan invetor ataupun sponsorship dan tidak ketinggalan juga para pengikut dan penggemar yang selalu mendukung kalian.

Presentasi dan Prospek

Berikan tugas presentasi pada orang yang mahir dalam melakukannya yang ada di dalam perusahaan atau organisasi kalian. Mereka yang mempunyai pengalaman dalam bidang penjualan bisa lebih tahu kondisi di pasar.

Kemampuan yang baik dalam komunikasi menjadi faktor yang sangat penting dalam menjelaskan dan menjangkau para investor dan sponsor. Kalian juga harus menemukan orang yang mempunyai akses dalam hal pemasaran perusahaan.

Membangun relasi yang baik tentunya membutuhkan waktu dan komunikasi yang baik selama berhubungan bisnis. Apabila kesepakatan telah terbentuk, jangan lupakan dokumen kerja sama, pengiriman faktur dan tentunya kalian harus paham hukum dalam bisnis dan pajak.

Jika hubungan kerjasama atau kesepakatan telah selesai, mintahlah feedback lalu review dan tinjau ulang kembali sampai kalian bisa meningkat level perusahaan atau organisasi kalian ke tahap selanjutnya. Selalu jalin hubungan baik dengan mereka bisa saja mereka ingin terlibat dalam kegiatan yang kalian rencanakan nantinya tentunya.

Endoersement

Para investor tetntunya menginginkan keuntungan baik finasial ataupun sosial dari setiap kegiatan yang dilaksanakan. Dunia esport baik dari merek mobil sampai makanan pun selaku investor ataupun sponsor ingin mendapatkan minimal pengembalian dari investasi yang telah diberikan.

Hal ini seperti peningkatan pemasaran, rujukan pada situs web dan juga data penjualan. Tapi itu semua pun tidak selalu dengan angka yang berbasis metrik yang dihasilkan. Bisa saja ini karena konten yang dibuat, orang yang telah dipengaruhi, liputan yang menarik, ataupun perubahan positif yang telah diciptakan.

Kalian bisa menjelaskan secara rinci hasil dari kegiatan yang dilakukan dan serta dampak yang telah diberikan kepada investor atau sponsor. Pastikan hanya di perusahaan atau organisasi yang kalian kelola hal itu bisa didapatkan.

Siap Dengan Perubahan

Selalu waspada dalam proses pendanaan yang didapat karena bisa saja kalian terlalu dokus dengan hasil yang didapat dan melupakan nilai-nilai perusahaan atau organisasi kalian. Pelajaran bisa diambil dari suatu organisasi yang menggunakan investasi yang didapatkan untuk bayar pemain, menang turnamen lalu bubar setelah itu.

Mungkin ini terjadi lantaran mereka tidak mempunyai rencana untuk bisa mempunyai bisnis yang berlanjut dan menentukan langkah panjang apa saja yang akan diambil.

Jadi pastikan pendanaan bisa membantu rencana jangka panjang yang telah ditentukan dalam perusahan ataupun organisasi kalian. Semua kemungkinan yang ada perlu di diskusikan secara internal demi keberlangsungan tiap orang yang terlibat di dalamnya.