Yuk Kenalan Sama Istilah Yang Biasa di Pake Gamers

Saat bermain game online selain membutuhkan kemampuan dan strategi tentunya butuh komunikasi antar pemain untuk meraih kemenangan. Dalam bermain game online, para gamer biasanya menciptakan istilahnya sendiri dalam berkomunikasi dengan teman ataupun pihak lawan.

Istilah gamer juga sekarang ini banyak dipakai dalam kehidupan sehari-hari walaupun belum banyak orang yang mengetahuinya. AFK merupakan salah satu istilah gamer yang suka dipakai dalam sebuah permainan online.

Dalam percakapan saat game berlangsung tentunya sudah tidak asing lagi para pemain mendengar istilah seperti AFK, Noob, Buff, Push dan sebagainya. Apabila kamu keluar dari permainan saat game berlangsung maka kamu di sebut AFK oleh pemain lain.

Apa itu AFK ?

AFK merupakan sebuah istilah dalam dunia game yang dulunya dipakai dalam istilah chating online. AFK mempunyai arti meninggalkan keyboard saat game berlangsung.

Sekarang ini AFK sering ditemukan apabila kamu bermain Mobile Legend, Act of Valor dan game lainnya. Masih banyak istilah lain yang sering digunakan dalam  permainan game online.

Noob

Noob merupakan istilah yang digunakan untuk pemain yang bermain buruk dalam sebuah permainan layaknya permain yang awam atau baru pertama kali bermain. Biasanya saat kamu dan tim mengalami kekalahan, ada pemain yang meluapkan emosinya dengan mengucapkan kata-kata ini dalam percakapan di dalam permainan baik yang sedang berlangsung ataupun saat di akhir permaninan.

Istilah game yang biasa digunakan lainnya

Dalam dunia game tidak hanya istilah AFK dan Noob saja yang digunakan dalam permainan game online. Masih ada banyak istilah yang ada dalam dunia game online yang suka dipakai para gamer untuk berkomunikasi, diantaranya :

GG (Good Game)

GG atau good game biasanya di tujukan untuk orang yang mahir menggunakan suatu karakter atau bermain dengan bagus sehingga membawa kemenangan untuk timnya.

GGWP (Good Game, Well Played)

Istilah ini biasa dipakai apabila tim meraih kemenangan ataupun bermain dengan bagus. Ini merupakan apresiasi untuk rekan satu tim atas kerjasamanya yang telah dilakukan dalam permainan.

Savage

Apabila ada pemain yang telah membunuh lawan dengan cara yang tidak biasa ataupun dengan skill yang diatas rata-rata.

Spam

Selalu menggunakan jurus yang sama dengan berulang kali hingga lawan merasa bosan

Push

Saat dimana tim butuh usaha ekstra dalam menekan pergerakan lawan untuk tujuan tertentu. Misalnya push untuk menghancurkan tower ataupun memberikan jalan agar creep bisa membantu dalam menyerang.

Mabar (Main Bareng)

Istilah yang digunakan gamer apabila mereka ingin bermain bersama dalam game online. Biasanya ini dilakukan dengan teman yang menyukai permainan yang sama.

GB (Guide Begineer)

Saat pemain meminta bantuan pada pemain yang lebih mahir untuk bisa menaikkan levelnya dalam permainan. Biasanya bantuannya berupa main bareng untuk bisa membantu langsung untuk meraih kemenangan ataupun membunuh lawan.

DC (Disconnect)

Apabila saat dalam permainan tiba-tiba tidak terkoneksi karena kendala jaringan ataupun error pada device atau gamenya.

Lag

Masalah yang ditemukan dalam permainan yang biasanya karena kendala koneksi jaringan. Misalnya koneksi jaringan lemah saat bermain yang mengakibatkan game terasa lambat ataupun patah-patah.

Spawn

Bisa dibilang respawn dimana player hidup kembali secara berulang-ulang dalam beberapa saat setelah dihancurkan oleh musuhnya. Selain itu bisa diartikan berupa monster yang sulit untuk dihancurkan.

CD (Cooldown)

Jeda waktu skill pada karakter yang digunakan player dalam permainan. Lamanya waktu yang dibutuhkan dari setipa skill juga bermacam-macam.

Loot

Biasanya digunakan dalam permainan PUGB yang mana saat menemukan senjata dan perlengkapan dari mayat musuh yang telah dihabisi pada suatu lokasi.

Buff

Memperkuat skill atau item yang digunakan suatu karakter dalam sebuah permainan dengan tujuan mengubah keadaan dalam permainan tersebut. Misalnya buff untuk meningkatkan item ataupun skill agar mempunyai damage yang besar saat menyerang musuh.

Nerf

Merupakan kebalikan daripada buff. Nerf mempunyai arti melemahkan skill atau item untuk menyeimbangkan keadaan dalam suatu game.

Imba (Imbalance)

Istilah yang mempunyai makna tanpa tandingan. Istilah ini berupa pujian yang ditujukan pada seorang pemain yang bermain bagus dengan skill dan item yang dimilikinya. Selain itu juga bisa berarti pujian pada tim yang telah bermain dengan baik.

Party

Gamer biasanya menggunakannya untuk mengajak pemain lain untuk masuk dalam grupnya untuk tujuna yang sama.

Roaming

Bisa disebut juga patroli keliling, berkeliaran ataupun menjelajah. Hal ini dimaksudkan agar rekan satu tim bisa tahu pergerakan musuh yang ada di map sehingga bisa membuat langkah selanjutnya yang akan harus dilakukan.

Farming

Kegiatan mengumpulkan sesuatu berupa exp, item, gold, ataupun skil yang didapatkan dengan mengalahkan monster ataupun pihak musuk. Hal ini dimaksudkan agar karakter yang dipakai bisa semakin kuat dalam bertarung.

Leveling

Usaha yang dilakukan untuk menaikkan level yang dimiliki sampai batas tertentu dengan mengalahkan lawan yang mempunyai level yang lebih rendah agar bisa bersaing dengan lawan yang telah mempunyai level yang tinggi.

Hode

Istilah yang digunakan untuk laki-laki yang sedang menyamar menjadi perempuan dalam game.

Bait

Tindakan yang dilakukan untuk bisa memancing keluar musuh agar terlihat di map. Dalam hal ini pemain dalam tim sengaja di jadikan umpan.

META (Most Effective Tactic Available)

Metode ataupun strategi paling efektif yang akan digunakan untuk mencapai tujuan dalam sebuah permainan. Biasanya istilah ini ditemukan pada game bergenre MOBA.

Ulti

Sebuah skill atau jurus tertentu yang mempunyai efek atau damage yang besar apabila musuh menerima serangan tersebut.

FPS (First Person Shooter)

Game online yang menggunakan sudut pandang orang pertama dalam menggunakan senjata api ataupun senjata tajam dalam game online. Banyak game yang telah menerapkan FPS ini sebut saja Counter Strike (CS), Point Blank (PB), Call of Duty (COD), PUBG dan sebagainya yang telah dimainkan banyak gamer.

MMORPG (Massively Multiplayer Online Role-Playing Game)

Game online yang mempunyai banyak peran yang bisa dimainkan dalam waktu yang bersamaan. Game dengan genre ini juga banyak sekali diminati oleh gamer seperti World of Warcraft (WOW), Final Fantasy (FF), ataupun Ragnarok Online (RO).