Yuk Kenali Game Thrid Person Shooter dan First Person Shooter

Saat ini sudah banyak sekali game dengan berbagai macam genre yang sudah dikembangkan oleh para pengembang game. Salah satu genrenya yaitu Third Person Shooter yang di gemari pecinta game dengan baku tembak di dalamnya.

Genre Third Person Shooter atau TPS biasanya diterapkan pada game action peperangan dengan senjata ataupun perkelahian. Game ini cukup terkenal dan para pecinta game shooter biasanya suka memainkannya baik dalam versi 2D atau pun 3D.

Tapi nyatanya terkadang orang masih kurang menyadari bahwa game yang sedang dimainkan adalah game Third Person Shooter atau First Person Shooter.

Buat kalian yang masih bingung apa itu game Third Person Shooter dan First Person Shooter, yuk simak lebih lanjur artikel ini.

Game Third Person Shooter (TPS) dan First Peson Shooter (FPS)

Third Person Shooter merupakan subgenre action dalam video game dengan menampilkan sudut pandang dari orang ketiga (third person perspective) dimana karakter utama atau pemain tampil di layar saat game berlangsung.

Dalam game TPS, seluruh tubuh karakter pemain diperlihatkan dan biasanya bagian tubuh belakang karakter yang terlihat. Hal ini berguna agar pemain bisa melihat lingkungan di sekitar dan melihat setiap adanya pergerakan dari musuh.

Game dengan genre TPS sudah banyak dijumpai baik pada konsol atau pun PC. Tapi dalam hal kenyamanan, game TPS lebih nyaman dimainkan pada PC dengan menggunakan keyboard.

Selain TPS ada genre game lainnya yaitu First Person Shooter (FPS). Pada game FPS menampilkan sudut pandang orang pertama dimana pemain hanya diperlihatkan tangan, senjata, equipment, ataupun kaki saat pemain mengarahkan pada bagian bawah pada tampilan layar permainannya.

Dengan begitu, pemain akan merasakan bermain game dengan lebih nyata karena pemain melihat seperti apa yang dilihat oleh karakter yang sedang dimainkannya.

Kenali Jenis Tampilan Pada Third Person Shooter

  1. Tracking Camera

Pada mode ini pemain tidak bisa mengatur tampilan kamera dan tangkapan yang bisa dilihat berdasarkan sudut pandang dari pihak ketiga secara keseluruhan. Pada mode ini juga karakter akan terlihat begitu dekat dan game yang menggunakan mode camera ini yaitu Crash Bandicot.

  1. Fixed Camera

Pemain tidak bisa mengatur atau merubah posisi sudut pandang tampilan pada mode ini karena sudut pandang akan terus mengikuti karakter. Layaknya kamera yang terpaku di belakang pemain dan hanya bisa menampilkan apa yang di sorot kamera tersebut.

Ini bertujuan agar camera screw dapat dihindari yang biasanya terdapat pada game FPS jaman dahulu. Game yang menggunakan mode ini yakni Final Fantasy X & X-2, Resident Evil 1 & 2 dan Devil May Cry.

  1. Interactive Camera

Mode ini memungkinkan pemain untuk bisa mengatur dan menyesuaikan pada posisi tertentu tampilan yang di inginkan oleh pemain. Jadi pemain bisa mengatur jarak karakter dengan kamera sesuai yang diinginkan saat game berlangsung.

Super Mario Sunshine 3D merupakan salah satu game yang mengadaptasi mode camera ini.

Berbagai Macam Bagian Dari Third Person Shooter

Selain game perang atau tembak menembak, ternyata ada bagian dari TPS yang dapat dinikmati. Bagian tersebut tentunya membuat game menjadi lebih menantang dan seru dengan aksi yang ditampilakan seperti :

Parkour

Ada game yang memberikan pengalaman bermain tidak hanya keseruan tembak menembak saja, melainkan juga aksi lompat dan berguling layaknya parkour. Dengan gaya parkournya sambil menembak musuh Midnight Games memberikan hal yang lain dalam game TPS.

Stroryline

Dengan adanya bagian storyline, alur permainan jadi terasa lebih imajinatif dan pemain merasa semakin tertantang dengan adanya misi yang harus diselesaikan. Sebuah storyline dan misi biasanya saling berkaitan dengan sebab dan tujuan karakter tersebut berada pada posisinya sekarang.

Solo atau Team

Left For Death adalah salah satu game yang memberikan pengalaman pada pemainnya untuk bisa bermain baik dalam mode solo atau pun team. Pemain bisa bermain sendirian ataupun berkelompok dengan teman.

Map

Dengan adanya map, pemain bisa melihat di sekitar area permainan dan pemain bisa mengetahui ke arah mana pemain akan pergi.

Kelebihan dan Kekurangan FPS dan TPS

Sudut Pandang

Pada FPS yang ditampilkan sudut pandang orang pertama dan hanya bisa melihat apa yang di lihat oleh karakter secara langsung. Sedangkan TPS menampilkan sudut pandang orang ketiga dimana pemain bisa melihat kondisi sekitar secara keseluruhan.

Mulai dari karakter, lingkungan sekitar baik itu di depan, belakang, atas, bawah maupun di samping karakter yang dimainkan. Jadi jarak pandang pemain lebih luas dan bisa mengatur strategi yang dibutuhkan dalam menghadapi musuh.

Akurasi Tembakan

Pemain FPS akan merasakan langsung akurasi saat tembak menembak berlangsung apalagi bila bermain dengan Virtual Reality pemain akan dibawa pada level yang berbeda. Beda dengan pemain TPS, dalam menembak musuh akurasi jadi lebih rendah karena pemain membidik bukan dari sudut pandang langsung dari karakter yang dimainkan.

Gerakan Menyerang

Menyerang musuh jadi terasa lebih mudah dan leluasa karena pemain TPS merasakan hal yang sama seperti karakter yang dimainkan saat menyerang musuh. Itu di karenakan pemain dan karakter mempunyai cakupan penglihatan yang sama. Pada pemain TPS, pemain agak lebih sulit dalam menyerang.

Kontrol dan Penglihatan

Dengan mempunyai sudut pandang (narrow view) yang terbatas tentunya akan semakin menantang bagi pemain FPS. Lain hal dengan TPS, kontrol terasa lebih mudah dan sederhana dalam bermain dan di dukung dengan tampilan yang luas (wide view).

Sudut Pandang Kamera

Saat melakukan sesuatu tindakan seperti melompat, pemain FPS akan terasa sulit karena harus memperkirakan jarak lompatan yang akan dilakukan seperti saat melompati rintangan yang tinggi. Berbanding terbalik dengan pemain FPS, pemain FPS cenderung lebih mudah karena didukung kecerdasan buatan dalan menhadapi rintangan yang diberikan.

Pemain jadi bisa memperkirakan sesuatu dalam menghadapi tiap rintangan.

Game TPS Dahulu dan Sekarang

Konsep 2D dan 3D pada tahun 1960 sudah mulai dikenalkan pada masyarakat luas. Pada dasarnya game dengan konsep tersebut sudah bisa memperlihatkan sudut pandang dan juga yampilan keseluruhan dari karakter yang pemain gunakan.

Game klasik seperti Dating Back to Spacewar (1962), Computer Space War (1971) dan Galaxy Game (1971) merupakan game yang sudah menerapkan konsep sudut pandang orang ketiga atau TPS.

Bend Studio yang telah mengembangkan game Syphon Filter pada tahun 1999 dan juga yang menerapkan perspektif pada game Tomb Rider bukan hanya sensasi tembak menembak saja yang didapatkan, namun ada bagian action yang digabungkan dengan platforming, explorasi 3D dan teka teki yang harus diselesaikan seperti game Golden Eye 007 (1997) dan juga Metal Gear Solid (1998).

Konsep seperti ini kemudian menjadi popular dan jadi cikal bakal konsep game TPS dari zaman dahulu hingga sekarang.

Pada 2019 game RPG TPS yaitu Tom Clancy’s the Division 2 telah dirils. Game yang bisa dimainkan pada PS4, Windows, dan Xbox One ini menawarkan persenjataan yang mutakhir pada tiap levelnya dengan di kombinasikan alur cerita Washington pada masa depan saat tersebarnya sebuah wabah mengerikan.

Selain itu ada World War Z yang dirilis pada tahun 2019. Game ini menawarkan gameplay yang bisa dimainkan oleh empat orang agar bisa bekerja sama dalam melawan zombie dan menyelamatkan setiap warga sipil yang bisa diselamatkan dari serangan zombie.

Wabah yang telah tersebar ke berbagai kota seperti Tokyo, Moskow, Yerussalem, Sidney dan New York membuat game ini berbeda. Terdapat storyline dan misi dengan berbagai macam rintangan yang harus diselesaikan oleh pemain.

Game TPS zaman sekarang telah menawarkan misi, rintangan dan alur cerita yang di kombinasikan menjadi satu untuk pemain mencapai level yang lebih tinggi. Tidak hanya FPS atau TPS, ada juga game yang telah menggabungkan kedua genre yaitu FPS dan TPS.

Game Dengan Second Person Shooter (SPS)

Mungkin dari game yang ada kebanyakan mengambil genre TPS, FPS atau juga keduanya. Lalu bagaimana dengan game dengan genre Second Person Shooter ? Ya tentu ada. Game yang memiliki genre tersebut yaitu Siren pada PS2.

Siren 2 menampilkan sudut pandang orang kedua atau musuh dalam permainannya. Bisa dibilang game dengan SPS ini sangat langka karena terasa aneh jika bermain menggunakan sudut pandang musuh saat melawan karakter utamanya.